CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Kenapa Mesti Baca Al-Qur’an ..?? Kan Kita Tidak Tau Bahasa Arab!?



Mungkin bisa jadi diantara kita pernah terbesit pertanyaan sesuai judul diatas, apalagi bagi kita kita yang tidak memiliki latar belakang pendidikan agama Islam secara khusus seperti jebolan pesantren. Menurut saya itu pertanyaan yang manusiawi.

Memang lebih ideal kita bisa melakukan sesuatu pekerjaan maupun perintah agama bila kita lebih memahami dasar dari manfaatnya bukan sekedar doktrin “Pokoknya”. Coba simak cerita berikut ini.

Ini adalah sebuat cerita penuh hikmah. Seorang Kakek Muslim Amerika hidup di sebuah pertanian di pegunungan bagian timur Kentucky dengan cucu laki2nya. Setiap shubuh sang Kakek selalu bangun awal, duduk di meja dapurnya membaca Al-Quran. Cucunya selalu ingin seperti kakeknya,
dan meniru perbuatan kakenya tersebut sebisanya..

Suatu hari sang cucu bertanya, “kek, aku mencoba membaca Al-Quran seperti kakek, tapi aku tidak mengerti, kalaupun ada yang aku mengerti aku langsung lupa begitu aku menutup Al-Quran. Apa sih manfaat membaca Al-Quran?”
Sang kakek pun berbalik perlahan, menghentikan kerjanya memasukkan batu bara ke tungku dan menjawab. “Ambillah keranjang batu bara ini, dan pergilah ke sungai dan bawakan aku sekeranjang air” Sang cucu melakukan apa yang diperintahkan kepadanya, tapi semua air tumpah sebelum ia berhasil kembali ke rumah. sang kakek tersenyum dan berkata “kamu harus bergerak lebih cepat mengangkut airnya” dan menyuruh sang cucu tuk kembali ke sungai mengambil air. Sang cucu pun berusaha lari dengan cepat ketika mengantar air, namun tetap saja airnya tumpah.

Sambil kehabisan nafas, ia pun berkata kepada kakeknya bahwa tidak mungkin mengangkut air dengan keranjang, lalu sang cucu berjalan tuk mengambil ember sebagai ganti keranjang.

Sang kakek berkata, “aku menginginkan sekeranjang air, bukan seember air. kau kurang bekerja keras tuk mengambilnya” , dan si kakek pergi ke pintu tuk melihat si cucu berusaha lagi.

Ketika itu, sang cucu sudah tahu bahwa perbuatannya tidak ada manfaatnya, tapi dia ingin menunjukkan kakeknya bahwa secepat apapun dia lari, air dari keranjang akan tetap tumpah. Dia mengambil air di sungai, lalu berlari cepat ke kakeknya, namun air tetap tumpah sebelum ia sampai ke tempat kakeknya. Maka ia pun berkata, “lilhat kek, gak da manfaatnya kan!”

“jadi kamu berpikir perbuatanmu tidak ada manfaatnya?” , sang kakek berkata, “lihatlah keranjangnya”

sang cucu melihat ke keranjangnya dan untuk pertama kalinya ia sadar bahwa keranjangnya telah berubah. Keranjangnya telah berubah dari keranjang batu bara yang kotor menjadi keranjang yang bersih, luar dalam.

“Cu, itu yang terjadi ketika kau membaca Al-Quran. Kamu mungkin tidak mengerti atau mengingat apa pun, tapi ketika kamu membacanya, kamu akan berubah, luar dalam. Dan itu adalah kuasa Allah atas diri kita”.

Semoga kita bisa menangkap maksud cerita diatas sebagai suatu hidayah untuk kita melakukannya dengan tulus dan ihklas semata hanya untuk-Nya

--SELESAI--
sumber:unik77.tk

18 komentar:

ruri mengatakan...

pertamax!!!
ulasan artikel yang sangat bagus...
nice post,,, keep your posting..

salam kenal.

andrie mengatakan...

artikel yg cocok untuk menyambut bulan yg suci =)

thx sob

Cyntia mengatakan...

nice posting :) bagus banget kak :)

Free Tips mengatakan...

sebuah kisah yang bagus dan mendidik.

Anonim mengatakan...

post yang menarik..
terus berbagi ya,,!!

jaiman mengatakan...

wah keren nich infonya, mumpung bulan ramadhan ne.... thanks infona sob...........

zein mengatakan...

walaupun kita ga tau bhs arab tp degn membacanya biasanya memberi kan hati kita jd tentram...

Download All for You mengatakan...

Keren mas...
Keep posting Ok :)

referensi aspal mengatakan...

cerita bagus untuk di pahami dan di amalkan...

aldrix mengatakan...

Kamu mungkin tidak mengerti atau mengingat apa pun, tapi ketika kamu membacanya, kamu akan berubah, luar dalam. Dan itu adalah kuasa Allah atas diri kita”.... kata2 ini akan selalu ku ingat kawan..

tetaplah berbagi..
makasih ceritanya..
luar biasa dan hikmahnya menakjubkan

mirza mengatakan...

makasih sobat udah mau berbagi..keep on posting ya..

rf- tips keluarga mengatakan...

Terima kasih sudah mengingatkan...

heryanto mengatakan...

alqur'an itun imam bagi kita dan pegangan hidup sampai hari kiamat.
met berpuasa sob semua.

Newsoul mengatakan...

Hm...menarik. Bagi saya, membaca Al Qur'an jangan seperti membaca mantera, itulah sebabnya ada tarjamah/tafsir Al Qur'an. selain sekedar membaca, baca pula terjemahannya. Dengan begitu baru bisa isi/kandungan Al Qur'an dijadikan pedoman, tuntunan hidup bila kita mengerti makna yang kita baca. Kecuali kita mengerti bahasa Arab, barulah terjemahan tidak kita perlukajn lagi. Sebab Al Qur'an adalah pedoman, tuntunan hidup muslimin. Ini cuma pendapat pribadi saya ya.

muchlisin mengatakan...

Sahabat blogger semua, nanti malam masuk bulan Ramadhan, besok pagi mulai puasa. Selamat beribadah puasa, mohon maaf atas semua khilaf.
______________________________
Salam ukhuwah BERSAMA DAKWAH

Indra Nugraha mengatakan...

Sangat menarik kawan artikelnya.. benar benar kena.. kadang saya juga berpikir seperti anak itu.. syukurlah dengan artikel ini sedikitnya saya tercerahkan :) nice posting kawan n selamat beribadah puasa ya...

dp mengatakan...

knapa ya ? ehmmm mungkin supaya bisa lancar ngobrol ama malaikat kali... he..he..bercanda lho,.. seharusnya bukan harus baca AL-QUR'AN, tapi WAJIB, kalau harus namanya pemaksaan, tapi--wajib adalah tanggungjawab, jadi bagaiaman kita bertanggungjawab terhadap kitab suci kita, yaitu menjaga, gimana menjaganya.. ya harus tau isi-nya dulu..baru diterapkan, kalau sekedar harus baca emang dapet pahala atau hidayah, tapi kalau wajib dapetnya lebih dari itu

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum..
izin copy artikelnya blh tdk..?